ANALISIS PERANCANGAN BOX TUNNEL STA 42+352 PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL CIMANGGIS-CIBITUNG SEKSI 2
DOI:
https://doi.org/10.54564/jtsa.v22i2.158Keywords:
underpass, tulangan, pembebanan, box tunnel, stabilitas dindingAbstract
Pembangunan jalan tol Cimanggis-Cibitung seksi 2 melewati beberapa ruas jalan desa di daerah Setu-Burangkeng, khususnya di titik sta 42+352 yang mengakibatkan terhambatnya pergerakan aktivitas bagi warga sekitar, sehingga diperlukan sebuah persimpangan tidak sebidang. Underpass direncanakan menggunakan struktur box tunnel. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang pembebanan, tulangan, serta stabilitas dinding penahan tanah pada box tunnel tersebut. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi serta studi pustaka. Metode pengolahan data menggunakan aplikasi Microsoft excel. Hasil analisis diperoleh box tunnel memiliki dimensi tinggi = 6,30 meter, lebar = 7,00 meter, dengan momen ultimit pada pelat atas = 714,47 KNm, momen ultimit pada pelat dinding = 1440,53 KNm, serta momen ultimit pada pelat bawah = 1243,13 KNm. Tulangan yang digunakan pada pelat atas adalah tulangan utama D22-100 dengan tulangan bagi D16-200, sedangkan pada pelat dinding dan pelat bawah menggunakan tulangan utama D22-50 dengan tulangan bagi D16-200. Stabilitas dinding penahan tanah diperoleh nilai aman dengan stabilitas terhadap penggeseran sebesar 2,39, stabilitas terhadap penggulingan sebesar 2,27, dan stabilitas terhadap keruntuhan kapasitas dukung tanah sebesar 4,56.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Rizky Nabila Hasibuan, Doni Haidar Nur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.