PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) PADA RUASJALAN PASIR PUTIH KELURAHAN PASIR PUTIH KECAMATAN SAWANGAN KOTA DEPOK

Authors

  • Supriyanti Universitas Jayabaya
  • Darmadi Universitas Jayabaya

DOI:

https://doi.org/10.54564/jtsa.v22i2.161

Keywords:

pasir putih, perkerasan, binamarga, Tebal perkerasan kaku, Sawangan

Abstract

Kelurahan Pasir Putih merupakan wilayah yang penduduknya cukup padat dan pembangunan perumahan berkembang dengan cukup pesat, sehingga pertumbuhan jumlah kendaraan juga meningkat dengan pesat. Dengan kondisi jalan yang rusak mengakibatkan kelancaran lalu lintas menjadi terganggu terutama pada jam sibuk selalu terjadi kemacetan panjang akibat dari penumpukan kendaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghitung tebal perkerasan kaku yang diperlukan, menghitung ukuran ruji, batang pengikat dan ukuran tulangan dan menghitung rencana anggaran biaya yang dibutuhkan.Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh langsung di lapangan seperti panjang dan lebar jalan yang rusak, kondisi kerusakan dan volume lalu-lintas harian rata-rata dan juga data sekunder yang diperoleh dari instansi setempat dan jaringan internet . Dari hasil perhitungan dan pembahasan yang dilakukan mengenai perkerasan kaku (Rigid Pavement) pada Jalan Pasir Putih Kelurahan Pasir Putih Kecamatan Sawangan kota Depok kaku dengan menggunakan metode Bina Marga di dapatkan tebal perkerasan kaku adalah Beton yang digunakan untuk struktur atas adalah K-400 dengan ketebalan 20 cm, pondasi bawah beton kurus menggunakan beton mutu K-125 dengan ketebalan 15 cm, tulangan memanjang : D- 16 mm, jarak 750 mm, tulangan melintang : D-16 mm, jarak 750 mm,Dowel (ruji) : D-33 mm, panjang 450 mm, jarak 300 mm, tie bar : D-16 mm, panjang 700 mm, jarak antar batang 750 mm dan rencana anggaran biaya yang dibutuhkan Rp. 1.646.062.678,52

Published

2023-11-30

How to Cite

Supriyanti, & Darmadi. (2023). PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) PADA RUASJALAN PASIR PUTIH KELURAHAN PASIR PUTIH KECAMATAN SAWANGAN KOTA DEPOK. JURNAL TEKNIK SIPIL-ARSITEKTUR, 22(2), 188-199. https://doi.org/10.54564/jtsa.v22i2.161

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>