KAJIAN PERILAKU PENGGUNA (BEHAVIOR SETTING) PASAR BANTAR GEBANG KOTA BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.54564/jtsa.v23i2.197Keywords:
Behavior setting, Pasar, Pemetaan PerilakuAbstract
Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis sifat, aktivitas dan perilaku pengguna di Pasar Bantar Gebang Kota Bekasi. Untuk mengkaji perlikau menggunakan teori behavior setting, dilakukan behavioral mapping atau pemetaan perilaku. Analisis yang digunakan dalam studi ini terdiri dari dua langkah. Pertama, analisis dilakukan dengan tinjauan teori behavior setting Roger Barker dan weismann. Kedua, untuk menganalisis data yang ditemukan di lapangan, dilakukan behavioral mapping dengan metode place centered map. Lokasi pengamatan yang ditentukan adalah di segmen timur Pasar Bantar Gebang. Behavior setting yang terjadi di setiap lapak dagangan memiliki ciri tersendiri sesuai dengan barang yang diperdagangkan. Peletakan dan penataan lapak didasarkan pada jenis barang dagangan. pola perliaku dengan setting tempat di area Pasar Bantar gebang masih belum terlihat baik. Dan dari hasil analisis kondisi eksisting saat ini sangat terlihat tidak baik karena masih dalam proses tahap revitalisasi dan tempat yang digunakan juga masih bersifat sementara.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Inun Yulieka Prahastini, Ina Indah Rahmadani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.