ANALISIS PENGARUH JALAN SEBIDANG DAN KERETA API TERHADAP KAREKTERISTIK LALU LINTAS (JL RAYA BOJONG GEDE KABUPATEN BOGOR)

Authors

  • Heru Parbowo Universitas Jayabaya
  • Doni Haidar Nur Universitas Jayabaya

DOI:

https://doi.org/10.54564/jtsa.v23i2.200

Keywords:

Perlintasan sebidang, kereta api, volume lalu lintas, penundaan, antrian

Abstract

Perlintasan Kereta Api di Jalan Raya Bojong Gede Jumlah kendaraan yang melintas mendekati perlintasan antara sebidang jalan raya dan rel kereta api cukup besar sehingga menyebabkan penundaan maupun antrean kendaraan yang sangat besar pada saat jam puncak di pagi maupun sore hari ketika aktivitas berangkat atau pulang kerja/sekolah. Selain itu, resiko kemungkinan kecelakaan cukup besar yang ada di perlintasan sebidang jalan raya dan rel kereta api, keselamatan dan kenyamanan harus diutamakan bagi pengguna sarana transportasi. Dari hasil analisis wilayah pengamatam awal yakni ruas yang tidak terpengaruh hambatan rumble strips nilai kecepatan arus bebas 25,277 km /jam, nilai kerapatan macet 32,720 (satuan mobil penumpang) smp per km dan volume maksimalnya 230,987 (satuan mobil penumpang) smp per km dan pada wilayah pengamatam akhir yakni ruas yang terpengaruh hambatan rumble strips nilai kecepatan arus bebas 19,450 (satuan mobil penumpang) smp/ km, nilai kerapatan macet 39, (satuan mobil penumpang) smp per km dan volume maksimalnya 196,032 (satuan mobil penumpang) smp /jam. Terjadinya keadaan antrean dan tundaan maksimal selama rentang waktu 08:09:07 – 08:13:24 : menciptakan waktu untuk melepaskan ta = 2924 detik, waktu dalam memulihkan tb = 2692 detik, panjang antrean maksimal = 2924 meter, jumlah kendaraan antre N = 68 smp, dan rerata tundaan selama 162 detik.

Published

2024-11-05

How to Cite

Parbowo, H., & Nur, D. H. (2024). ANALISIS PENGARUH JALAN SEBIDANG DAN KERETA API TERHADAP KAREKTERISTIK LALU LINTAS (JL RAYA BOJONG GEDE KABUPATEN BOGOR). JURNAL TEKNIK SIPIL-ARSITEKTUR, 23(2), 123 - 130. https://doi.org/10.54564/jtsa.v23i2.200

Most read articles by the same author(s)