ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS PEMBANGUNAN GUDANG DI KALIMALANG KABUPATEN BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.54564/jtsa.v22i1.141Keywords:
dampak lalu lintas, mitigasi, bangkitan, perjalananAbstract
Perubahan tata guna lahan pada suatu wilayah akan menimbulkan tarikan dan bangkitan perjalanan baru dimana biasanya akan berpotensi menimbulkan permasalahan pada lalu lintas sekitar. Pembangunan Gudang Kali Malang di Kabupaten Bekasi juga merupakan perubahan tata guna lahan dari lahan kosong menjadi pusat kegiatan berupa Gudang. Dengan demikian, dibutuhkan analisis dampak lalu lintas untuk mengetahui dampak – dampak yang berpotensi muncul dan mempengaruhi sistem jaringan jalan di sekitar lokasi pembangunan. Dalam kajian dilakukan beberapa suvei lalu lintas seperti survei inventarisasi jalan dan simpang, pencacahan lalu lintas di jalan dan simpang, perhitungan bangkitan dan tarikan perjalanan, parkir dll. Semua survei tersebut dilakukan untuk mengukur kinerja jaringan jalan pada lokasi kajian. Metode yang dipakai pada saat analisis yakni mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Metode Four Step Model, dan beberapa pedoman terkait perparkiran. Setelah dilakukan analisis dalam berbagai tahapan, disimpulkan bahwa Gudang Kali Malang memberikan dampak lalu lintas pada saat proses konstruksi dan operasional dengan menimbulkan bangkitan perjalanan baru sebesar 44 smp/jam dan tarikan perjalanan baru sebesar 45 smp/jam. Dari hal tersebut kemudian membuat kinerja jaringan jalan di sekitar lokasi mengalami penurunan pelayanan ditandai dengan peningkatan V/C rasio dan kepadatan lalu lintas serta penurunan kecepatan. Untuk mengatasi dampak lalu lintas tersebut mitigasi yang direkomendasikan diantaranya adalah pembuatan desain akses masuk dan keluar, penataan parkir, pemasangan fasilitas perlengkapan jalan dll. Dari hasil analisis, mitigasi tersebut cukup mampu menekan dampak lalu lintas yang ditimbulkan oleh Gudang Kali Malang.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Agung Sopyan Pramono, Sri Yuniarti, Sri Widayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.